cara shrink volume windows 10

Shrink volume, fungsinya untuk mengecilkan ukuran partisi hardisk. New Simple Volume, fungsinya untuk membuat partisi hardisk baru.Partisi hard disk merupakan metode membagi penyimpanan ke beberapa bagian pada perangkat tersebut agar laptop atau komputer berjalan dengan optimal.

Struktur partisi terbaik di laptop atau komputer adalah dengan meletakkan file sistem Windows dan file lain pada partisi berbeda. Selain lebih rapi, gunanya agar Windows 10 dapat berjalan optimal. Sebab, semakin banyak file dalam partisi system akan memperlambat Windows. Selain itu, file dokumen dan multimedia akan lebih aman saat terjadi sistem error atau saat ingin melakukan install ulang.

cara shrink volume windows 10 yaitu dengan Tekan dan tahan tombol Windows + R (Run) > ketik diskmgmt. msc dan tekan enter. Klik kanan dan pilih “Shrink Volume” di drive C. Masukkan jumlah space yang ingin dipakai dalam satuan MB atau MegaBit.

Untuk pengguna windows 10, mungkin yang ada dibenak pikiran anda adalah, bagaimana cara partisi hardisk di windows 10? Nah melalui artikel berikut ini saya akan menjelaskan sedetail yang saya bisa mengenai cara partisi harddisk di windows 10, mulai dari mengecilkan ukuran partisi, membuat partisi baru, menghapus partisi sampai memperbesar ukuran suatu partisi, semua itu akan saya jelaskan secara lengkap

Cara Membagi Partisi Hardisk Windows 10

  1. Langkah pertama buka Power User (WinKey + X), kemudian pilih Disk Management.
  2. Setelah itu, pilih salah satu dari partisi tersebut yang ingin Anda alokasikan untuk membuat partisi baru lagi dengan cara klik kanan lalu pilih Shrink Volume.
  3. Selanjutnya, tentukan jumlah size yang akan dijadikan partisi baru. Misalnya, di sini Anda ingin membuat partisi sebesar 30GB, maka angka yang dituliskan adalah 30000 (dalam satuan MB). Setelah selesai klik Shrink.
  4. Untuk membuatnya menjadi partisi yang siap digunakan, lanjutkan kembali prosesnya dengan cara klik kanan lalu pilih New Simple Volume.
  5. Setelah itu, ikuti wizard untuk menentukan size volume, letter drive, dan nama dari partisi tersebut hingga selesai.
  6. Partisi siap digunakan.

Leave a Comment